Saat baru membeli komputer ataupun melakukan instalasi ulang Windows, biasanya software yang disediakan oleh Windows sudah cukup lengkap. Namun, ada beberapa fitur yang kadang tidak bisa bekerja dengan baik di komputer kita. Misalnya, jika komputer kita masih menggunakan HDD, aplikasi Photo Viewer bawaan Windows 10 terasa sangat berat ketika dijalankan. Kemudian, Movies and TV bawaan Windows 10 juga tidak bisa membuka file video yang menggunakan codec tertentu.

Di bawah ini, ada sekumpulan aplikasi yang bisa dipasang sebagai setup awal pada komputer. Seluruh aplikasi yang terdapat di bawah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna komputer awam (orang biasa) yang hanya menggunakan komputer untuk browsing, memutar musik dan video, membuat dokumen, serta mengatur dan menyusun file.

Software Wajib di Windows:

  • Mozilla Firefox merupakan browser populer yang cukup ringan untuk digunakan di komputer yang spesifikasinya rendah.

  • Google Chrome adalah browser yang wajib di-install, karena sebagian besar web developer menggunakan Chrome untuk mengembangkan aplikasi web, sehingga mempunyai kompatibilitas yang lebih baik.

  • Adobe Acrobat Reader DC mendukung berbagai macam format file PDF non-standar. Kita juga bisa menggunakan Mozilla Firefox/Google Chrome untuk membuka file PDF. Jika komputer tersebut spesifikasinya rendah ataupun merupakan komputer jadul dan masih menggunakan HDD, SumatraPDF merupakan PDF viewer yang sangat ringan dan berukuran kecil, sehingga cocok digunakan di komputer yang spesifikasinya rendah.

  • VLC Media Player merupakan media player serbaguna yang memiliki dukungan codec yang cukup banyak, sehingga hampir semua format audio dan video bisa diputar lewat VLC.

  • AIMP3 sampai saat ini masih menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan Winamp yang sudah lama tidak dikembangkan lagi. Selain itu AIMP3 juga dilengkapi dengan fitur ID3 Tag Editor dan Audio Converter, sehingga tidak diperlukan lagi software tambahan untuk mengedit dan mengonversi berbagai format audio.

  • IrfanView (Windows 8/8.1/10) adalah alternatif terbaik untuk menggantikan Microsoft Photos yang berjalan cukup lambat di komputer yang masih menggunakan HDD.

  • 7-zip adalah aplikasi file archiver gratis yang berukuran kecil dan ringan, serta dilengkapi dengan dukungan file arsip yang cukup banyak sehingga bisa membuka berbagai macam file arsip.

  • Malwarebytes Anti-Malware sudah cukup terbukti dalam memberantas malware, dan bisa di-install bersamaan dengan antivirus yang sudah ada tanpa memberatkan kinerja komputer.

  • Microsoft Security Essential (Windows 7) merupakan antivirus yang cukup ringan untuk digunakan di Windows 7. Jika komputer tersebut sudah menggunakan Windows 8 ke atas, Microsoft Security Essential tidak lagi diperlukan karena sudah ada Windows Defender, aplikasi antivirus bawaan Windows.

  • Open-Shell (Windows 8/8.1) adalah aplikasi yang berfungsi menggantikan Start Menu bawaan Windows 8/8.1 yang tidak ramah terhadap pengguna PC desktop.

  • Jika tidak mempunyai Microsoft Office, OnlyOffice adalah pengganti yang tepat, karena OnlyOffice adalah program yang paling kompatibel digunakan untuk bekerja dengan file-file Microsoft Office. Alternatif: LibreOffice, WPS Office

  • .NET Framework dan Microsoft Visual C++ Redistributable merupakan komponen library yang digunakan oleh banyak pengembang software di Windows.

Browser Extensions yang Wajib di-install:

Sebagian besar orang hanya menggunakan komputer untuk mengakses internet menggunakan Mozilla Firefox ataupun Google Chrome, sehingga kedua aplikasi tersebut adalah pintu masuk yang paling rentan disusupi iklan dan malware. Untuk melindungi diri dari ancaman iklan dan malware, extension pemblokir iklan (adblocker) sudah menjadi kewajiban untuk di-install di setiap komputer. Salah satu adblocker terbaik adalah:

  • uBlock Origin adalah adblocker extension terbaik yang tidak memakan banyak memori dan sumber daya.

Kamu tidak butuh software ini:

  • Adobe Flash Player sudah tidak lagi didukung oleh Adobe. Sebagian besar komponen pengganti Flash Player sudah disediakan oleh Mozilla Firefox dan Google Chrome.

  • Java Runtime Environment jika tidak digunakan, lebih baik dihapus saja karena hampir sebagian besar software modern tidak lagi membutuhkan Java untuk bisa berfungsi dengan baik.

  • Jika menggunakan Windows 8 ke atas, Antivirus-antivirus lain tidak lagi diperlukan karena Windows Defender saja sudah cukup aman bagi sebagian besar pengguna komputer. Cukup update Windows Defender secara berkala, dan berhati-hati saat browsing dan menggunakan perangkat USB flash disk/hard disk.

  • CD/DVD Burner dan CD/DVD Player tidak lagi diperlukan, karena disc burner bawaan Windows sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna komputer. Aplikasi media player seperti VLC juga sudah bisa memutar CD/DVD, sehingga tidak lagi memerlukan media player yang lain.